English English Indonesian Indonesian
oleh

Digital Creative Entrepreneurs Kunci Sukses UMKM

Lebih lanjut Nyoman Adiyasa menjalaskan DCE ke-4 menghadirkan sejumlah inovasi terbaru guna mempercepat digitalisasi UKM. Yakni kurikulum otomasi bisnis berbasis AI yang mencakup strategi implementasi teknologi otomatisasi dalam operasional bisnis, penjualan, dan supply chain.

Kolaborasi ekosistem digital juga menjadi fokus utama, dengan tujuan memaksimalkan potensi UKM melalui integrasi layanan digital unggulan Telkomsel. Program ini juga menghadirkan Local Brand Benchmarking. Peserta dapat melakukan visitasi inspiratif ke brand lokal sukses sebagai studi kasus pengembangan bisnis. Selain itu, bootcamp interaktif dan speed consulting dengan pakar industri turut menjadi bagian dari rangkaian program ini.

“Sejak diluncurkan pada tahun 2021, program DCE telah melibatkan lebih dari 4.608 UKM di Indonesia, mendukung perkembangan 650 alumni. Serta mencetak 14 UKM terbaik yang kini terus berkembang di tingkat nasional maupun global,” ucapnya.

Salah satu peserta, Angel Raselena dari UKM Archipelago Chocolate Makassar, mengungkapkan manfaat yang didapat dari acara ini. Dari roadshow DCE di Makassar ini, dia mempelajari proses bisnis, mulai dari riset dan analisis produk hingga cara menggunakan AI untuk mengefisienkan proses bisnis yang ada. “Saya berharap program ini dapat memberikan dampak positif bagi kemajuan UKM dan mempercepat digitalisasi UKM,” ujarnya. (edo)

News Feed