FAJAR.CO.ID, JAKARTA – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) siap menggelar kembali acara unggulannya, BRI UMKM EXPO(RT) 2025 yang akan berlangsung pada 30 Januari hingga 2 Februari 2025 di ICE BSD City, Nusantara Hall 5, 6, dan 7. Dengan mengusung tema “Broadening MSME’s Global Outreach”, acara ini menjadi bagian dari komitmen BRI untuk mendorong pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) Indonesia tampil di kancah internasional.
Ajang ini bertujuan meningkatkan kapasitas UMKM, mendukung inovasi, dan membuka akses pasar global. Direktur Utama BRI Sunarso menyampaikan bahwa melalui acara ini, BRI ingin menciptakan ekosistem pemberdayaan UMKM agar mampu naik kelas dan bersaing di pasar global. “Ini bukan hanya tentang mendorong ekonomi, tetapi juga menciptakan peluang baru bagi masyarakat,” ujar Direktur Utama BRI Sunarso.
Tahun ini, sebanyak 3.006 UMKM mendaftar untuk berpartisipasi. Setelah melalui proses seleksi ketat yang berlangsung dari 4 November hingga 7 Desember 2024. Sebanyak 1.000 UMKM unggulan terpilih untuk menampilkan produk terbaik mereka dalam lima kategori utama, yakni home decor & craft: 153 UMKM, food & beverage: 358 UMKM, accessories & beauty: 181 UMKM, fashion & wastra: 273 UMKM, healthcare & wellness: 35 UMKM. Tingginya jumlah pendaftar mencerminkan antusiasme besar dari pelaku UMKM untuk memperluas pasar mereka ke tingkat internasional.
BRI UMKM EXPO(RT) telah mencatatkan hasil luar biasa sejak pertama kali digelar pada 2019. Saat itu, nilai kesepakatan business matching mencapai USD 33,5 juta dengan melibatkan 16 buyers dari 7 negara. Angka ini terus meningkat hingga pada 2023 mencatatkan USD 81,3 juta, melibatkan 86 buyers dari 30 negara. Tahun ini, dengan partisipasi lebih dari 200 sesi business matching, tambahan target transaksi diharapkan kembali mencetak rekor baru.