FAJAR, MAKASSAR — PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) memberikan layanan optimal bagi calon jemaah haji tahun 1446 Hijriah atau 2025. Tahun ini, tercatat sebanyak 185.000 calon jemaah haji yang merupakan nasabah BSI akan berangkat ke Tanah Suci, setara dengan 83,7 persen dari total kuota haji nasional sebesar 221.000 orang.
Pemerintah melalui Kementerian Agama telah menetapkan periode pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) tahap I pada 21 Januari hingga 21 Februari 2025. Menanggapi hal ini, Direktur Sales & Distribution BSI, Anton Sukarna menyatakan bahwa BSI telah mempersiapkan infrastruktur dan layanan terbaik untuk mendukung pelunasan BPIH. Pelunasan dapat dilakukan melalui seluruh kantor cabang BSI atau secara digital melalui superapps BYOND by BSI, BSI Net, dan BSI Agen.
Nasabah haji BSI akan mendapatkan berbagai fasilitas eksklusif seperti layanan manasik di embarkasi kota dan kabupaten, kartu debit mabrur dengan fasilitas gratis tiga kali tarik tunai per bulan di Arab Saudi, cashback belanja di merchant di Arab Saudi dengan minimal transaksi Rp10 juta, serta layanan penukaran uang Riyal di embarkasi haji.
“BSI akan mempersiapkan layanan haji yang optimal bagi calon jemaah haji BSI dari keberangkatan hingga kembali ke Tanah Air, guna mendukung kelancaran ibadah sehingga menjadi haji yang mabrur,” kata Anton, Jumat, 10 Januari 2025.
Di sisi lain, BSI juga mencatat kinerja positif di lini bisnis pembiayaan otomotif. SEVP Consumer Product Solution BSI, Wawan Setiawan, menyampaikan bahwa melalui BSI OTO, BSI telah menyalurkan pembiayaan untuk sekitar 10.000 unit kendaraan sepanjang Januari-November 2024. Ia optimistis tren positif ini akan berlanjut pada 2025.