FAJAR, MAKASSAR – PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 4 memastikan kelancaran operasional di seluruh pelabuhan yang dikelola selama puncak arus libur Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 (Nataru). Komitmen ini bertujuan untuk memberikan pelayanan optimal kepada pengguna jasa serta menjaga kelancaran arus penumpang dan barang selama periode libur akhir tahun.
Executive Director 4 Pelindo Regional 4, Abdul Azis, menyampaikan bahwa pihaknya telah mempersiapkan langkah antisipatif menghadapi lonjakan aktivitas di pelabuhan yang diprediksi meningkat 12,5 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu, terutama untuk angkutan laut.
“Kami telah berkoordinasi intensif dengan otoritas pelabuhan, operator kapal, dan pihak keamanan untuk memastikan operasional berjalan lancar. Selain itu, kami memperkuat protokol keamanan dan keselamatan serta meningkatkan fasilitas di pelabuhan,” ujar Abdul Azis.
Pelindo Regional 4 telah melakukan peningkatan fasilitas terminal penumpang, termasuk ruang tunggu, ruang kesehatan, garbarata, elevator, toilet disabilitas, dan ruang bermain anak. Fasilitas tambahan seperti tenda, kursi, toilet bersih, dan autogate juga disiapkan untuk kenyamanan penumpang. Selain itu, sistem digital seperti e-pass dan tracking barang diterapkan untuk mempercepat proses administrasi dan operasional.
Mengantisipasi cuaca ekstrem, khususnya di wilayah Makassar dan sekitarnya, Pelindo bersinergi dengan Polri, TNI, dan Basarnas untuk memastikan keamanan di area pelabuhan. Sistem pemantauan operasional 24/7 juga diaktifkan untuk menjaga kelancaran layanan.