JAKARTA, FAJAR — Sepanjang tahun 2024, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk berhasil mengukir lebih dari 230 penghargaan nasional dan internasional, di antaranya Forbes Global 2000:, Peringkat 1 perusahaan terbesar di Indonesia, Peringkat 208 di dunia.
Selanjutnya, Fortune 500 Southeast Asia antara lain, Peringkat 1 industri keuangan di Indonesia, Peringkat 4 industri keuangan di Asia Tenggara.
Selain itu, Asia’s Best Companies 2024: Best Managed Company, Best Bank for Financial Inclusion, Best Commercial Bank-SME
Lalu The Top 1000 Banks 2024: Peringkat 1 di Indonesia, Peringkat 110 di dunia.
Selain berfokus pada inovasi layanan perbankan, BRI juga aktif dalam program tanggung jawab sosial perusahaan (BRI Peduli) yang mencakup sektor pendidikan, lingkungan, kesehatan, dan pemberdayaan UMKM:
Pendidikan: 5.000 beasiswa dan renovasi 160 sekolah melalui program Sekolahku.
Lingkungan: Penanaman lebih dari 1 juta bibit pohon melalui program BRI Menanam dan pengembangan 21 lokasi BRINita.
Kesehatan: Penyediaan 301 ambulans dan renovasi 153 fasilitas kesehatan.
UMKM: 2.000 pelatihan UMKM, 281 sertifikasi halal, serta pemberdayaan 108 klaster dan 54 kelompok UMKM.
Melalui holding Ultra Mikro (BRI, Pegadaian, dan PNM), BRI memperluas akses keuangan dengan menghadirkan 1.025 Sentra Layanan Ultra Mikro (SenyuM), melayani lebih dari 35,5 juta nasabah pinjaman dan 176 juta nasabah simpanan.
BRI juga mendukung layanan perbankan hingga pelosok desa melalui program Agen BRILink. Saat ini, terdapat 1,03 juta agen yang melayani lebih dari 62 ribu desa di Indonesia dengan total volume transaksi mencapai Rp1.310 triliun.