Selanjutnya terkait kegiatan Praktek Menyusun Laporan Kinerja BLUD dalam Perspektif Balanced Score Card, hal ini guna menghadapi tantangan yang dihadapi RSD saat ini begitu kompleks, persaingan bisnis semakin ketat disertai dengan tuntutan masyarakat terhadap peingkatan performance RSD semakin tinggi.
Suka atau tidak suka RSD harus segera melakukan transformasi. Transformasi adalah perubahan yang dilakukan secara bertahap untuk mencapai tujuan. Transformasi meliputi : Pelayanan, Manajemen, Kepemimpinan, SDM dan Digitalisasi. Untuk melakukan transformasi tersebut harus ada ukuran kinerja yang perlu ditargetkan ( Indikator, target dan pencapaiannya ).
Kinerja BLUD di RSD sampai dengan saat ini belum ada penyeragaman. Dengan diterbitkannya buku Pedoman Penyusunan Laporan Dewan Pengawas oleh Arsada dengan substansi evaluasi kinerja BLUD maka diharapkan laporan kinerja BLUD di RSD ada keseragaman.
Laporan kinerja BLUD di RSD tersebut meliputi : kinerja pelayanan, kinerja mutu, kinerja
manfaat, kinerja keselamatan pasien dan kinerja keuangan yang dilaporkan dalam 4 perspektif balanced score card, yaitu perspektif pembelajaran dan pertumbuhan, perspektif customer, perspetif proses bisnis internal, perspektif keuangan (Berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri No.79 Tahun 2018 Pasal 18).
Beberapa narasumber dan materinya antar lain Kebijakan Layanan Prioritas Unggulan KJSU – KIA dan KRIS drg. Yuli Astuti Saripawan, M.Kes, Direktur Yan.Kes Rujukan.
Selanjutnya Permasalahan di RS dalam Percepatan transformasi Kesehatan dan KRIS NARASUMBER dr. Zainoel Arifin, M.Kes. Kesiapan Pemerintah Daerah dalam Transformasi Kesehatan dan KRIS Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Selatan; Sesi 5 Perhitungan Proyeksi Kebutuhan Anggaran untuk Pengembangan Layanan Rujukan Drs.Widartoyo, Ak, MM, M.Si, CPA, CA.