English English Indonesian Indonesian
oleh

Skill Tak Mumpuni, Guru Sulit Gunakan Media Ajar Digital

Salah seorang guru di SDN 143 Inpres Leko Moncongloe Maros, Muh Alimin Agus, Senin 18 November 2024, menuturkan peran media pembelajaran yang beragam, seperti video, animasi, dan simulasi atau gambar memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengakses informasi dengan cara
yang lebih menarik dan interaktif.

Hal ini tidak hanya meningkatkan minat belajar siswa, tetapi juga mendorong mereka untuk berpikir kritis dan kreatif dalam menyelesaikan masalah. Kemudian,lanjutnya, meningkatkan kemandirian belajar siswa bisa dilakukan melalui upaya pemanfaatan platform digital seperti Google Classroom.

“Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis IT dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa, terutama di masa pandemi.
Dengan adanya akses ke berbagai sumber belajar, siswa dapat belajar secara mandiri dan bertanggung
jawab atas proses pembelajaran mereka sendiri,” jelasnya.

Selain itu, Guru Wali kelas III ini menuturkan , kreativitas siswa juga dapat ditingkatkan melalui metode pembelajaran yang inovatif. Guru yang aktif dan kreatif dalam mengajar dapat menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan. “Siswa tidak hanya menerima informasi, tetapi juga terlibat dalam proses penciptaan,” tambahnya. (*/lin)

Penulis: Sartika-Shinta Indriani
(Mahasiswa PGSD Universitas Islam Makassar)

News Feed