FAJAR, JAKARTA – PT Bank Syariah Indonesia, Tbk (BSI) terus mendorong peningkatan penjualan bisnis kendaraan bermotor, khususnya di segmen kendaraan berwawasan lingkungan sebagai salah satu lini bisnis pembiayaan syariah yang dilakukan oleh perseroan. Kali ini, perseroan berpartisipasi dalam kegiatan pameran kendaraan GAIKINDO Jakarta Auto Week 2024.
Direktur Sales & Distribution BSI Anton Sukarna mengatakan minat masyarakat untuk melakukan pembelian kendaraan bermotor dengan skema pembiayaan berbasis syariah tetap tinggi di tengah daya beli yang sedang tertekan.
Menurut Anton, salah satu faktor pendorongnya karena skema pembiayaan yang competitif, sehingga nasabah dapat mengukur kemampuan finansialnya sebelum melakukan pembelian kendaraan dengan pinjaman. Di samping itu, sebutnya, kualitas pembiayaan terjaga dengan baik karena BSI fokus untuk menyalurkan pembiayaan kepada nasabah captive dengan akad sesuai prinsip syariah.
Sebagai gambaran, realisasi penyaluran pembiayaan BSI OTO yang hingga Oktober 2024 tumbuh 34,04% secara year on year (yoy) mencapai Rp5,15 triliun, ketika tren penjualan kendaraan bermotor nasional justru sedang tertekan.
Namun, pihaknya optimistis daya beli masyarakat akan kembali bertumbuh dan mendorong gerak bisnis dan ekonomi. Untuk itu, perseroan berusaha terus mendorong berbagai program dan penawaran menarik seperti melalui pameran mobil lewat penawaran menarik. Di antaranya lewat promo cashback dan tarif pembiayaan khusus untuk nasabah BSI.
“Kami optimis bahwa daya beli masyarakat akan tetap tumbuh seiring dengan kebutuhan kendaraan yang terjangkau dan berwawasan lingkungan. Terbukti pembiayaan kendaraan BSI OTO berwawasan lingkungan tumbuh sebesar 307% secara year on year (yoy) dan kami terus berupaya untuk juga dapat berkontribusi dalam menggerakkan daya beli masyarakat sekaligus menggairahkan pasar otomotif di Tanah Air,” ujarnya.