FAJAR, MAKASSAR – Telkomsel, penyedia layanan telekomunikasi digital terdepan di Indonesia, bersama ZTE Corporation, perusahaan penyedia solusi teknologi informasi dan komunikasi global, resmi meluncurkan solusi Self-Adaptive Feedback. Teknologi berbasis kecerdasan buatan (AI) dan machine learning (ML) ini bertujuan meningkatkan kualitas layanan jaringan 4G/LTE di Makassar dan Kendari.
Solusi ini merupakan kelanjutan kolaborasi Telkomsel dan ZTE di Mobile World Congress 2024 Barcelona, sekaligus bagian dari inisiatif Hyper AI Telkomsel. Pendekatan ini berfokus pada peningkatan layanan jaringan yang sepenuhnya berpusat pada kebutuhan pelanggan, seiring meningkatnya permintaan internet berkecepatan tinggi.
Solusi Self-Adaptive Feedback memungkinkan optimasi jaringan tanpa perangkat keras tambahan. Teknologi ini secara otomatis menyesuaikan parameter jaringan, seperti kecepatan dan kontrol daya, untuk mendukung aplikasi berat seperti video streaming dan gaming. Selain itu, solusi ini membantu efisiensi energi dan menekan biaya operasional.
Direktur Planning & Transformation Telkomsel, Wong Soon Nam, menyatakan pihaknya berharap solusi Self-Adaptive Feedback dapat meningkatkan pengalaman berinternet pelanggan. “Sebagai bagian dari pendekatan Hyper AI Telkomsel, teknologi ini memperkuat posisi kami sebagai pemimpin industri telekomunikasi yang konsisten menghadirkan inovasi demi kemajuan Indonesia,” kata Wong Soon Nam, Jumat, 22 November 2024.
Hasil pengujian di Makassar dan Kendari menunjukkan peningkatan signifikan, antara lain: