FAJAR, JAKARTA — Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) bersama Ericsson mengumumkan keberhasilan penerapan Digital Monetization Platform (DMP) full-stack pertama di dunia, sebagai langkah besar dalam transformasi digital telekomunikasi di Indonesia. Inisiatif ini mendukung upaya digitalisasi Indonesia, dengan tujuan meningkatkan standar layanan telekomunikasi, mendorong pertumbuhan ekonomi, dan mempercepat perkembangan industri melalui layanan monetisasi real-time yang fleksibel.
DMP dirancang untuk mendukung migrasi seamless pelanggan prabayar, memfasilitasi layanan digital mutakhir termasuk kesiapan 5G, serta menawarkan solusi B2B canggih. Platform ini memungkinkan Indosat meningkatkan kemampuan monetisasi real-time, yang berfungsi tidak hanya memenuhi kebutuhan pelanggan, tetapi juga menciptakan peluang model bisnis masa depan seperti network slicing, yang menawarkan konektivitas yang disesuaikan bagi konsumen dan perusahaan.
Selama implementasinya, DMP melayani lebih dari 100 juta pelanggan Indosat di seluruh Indonesia. Salah satu pencapaian utama dalam proses ini adalah migrasi jutaan pelanggan prabayar dalam waktu singkat, yakni 18 hari, dengan intensitas tertinggi dalam 48 jam tanpa gangguan.
Vikram Sinha, CEO Indosat Ooredoo Hutchison, menyampaikan bahwa keberhasilan penerapan DMP ini mencerminkan nilai kolaborasi dan gotong royong yang menyatukan semua pemangku kepentingan dalam mencapai tujuan bersama. Kemitraan dengan Ericsson menjadi salah satu upaya nyata dalam menghadirkan marvelous experience melalui layanan digital kelas dunia.