FAJAR, MAKASSAR — Sebagai bentuk perealisasian Corporate Sosial Responsibility (CSR), Yahama institut tuntaskan penyaluran donasi.
SVP Yamaha Institut, Ahmad Yani menuturkan bahwa pihaknya memiliki program dalam bentuk CSR dimana pihaknya kerja sama dengan SMK otomotif dan pemasaran.
“Jadi dahulu kita hanya bekerja sama dengan jurusan otomotif, sekarang kita juga sudah kerja sama dengan jurusan pemasaran,” katanya.
Lebih lanjut dia mengatakan bahwa dalam kerja sama yang dijalin dengan SMK tersebut bukan hanya pemberian donasi yang diberikan tetapi banyak kegiatan lainnya.
“Jadi kita adakan high school training. Kita undang mereka (siswa SMK binaan) training,” ucapnya.
Dia mengatakan, pihaknya telah memberikan donasi kepada beberapa sekolah binaan dari Yamaha pada September. Namun untuk penuntasan penyaluran donasinya secara keseluruhan dilakukan pada Oktober.
“Jadi ada 6 SMK pemasaran dan 7 SMK otomotif, untuk jurusan otomotif dikasih motor dan engine, pemasaran dikasih tenda untuk mendukung pembelajarannya mereka, kita juga donasikan plang, ditulis bahwa SMK jurusan pemasaran ini binaan kita,” katanya.
Trainer Yahama Institut, Suwardi menambahkan, bahwa sampai saat ini pihaknya sudah bermitra dengan SMK otomotif sebanyak 113 SMK dan 27 SMK jurusan pemasaran yang tersebar di Sulselbar.
“Jadi donasi kita itu untuk membantu SMK binaan kita, membantu praktiknya, jadi apa dilakukan di sekolah itu sesuai dengan di industri. Sehingga ketika selesai sudah siap kerja,” katanya.
Dia mengatakan bahwa tahun ini pihaknya mendonasikan tujuh unit motor dan untuk tenda ada enam sudah didonasikan. Jadi 113 SMK otomotif ini sudah terima donasi, dan untuk SMK pemasaran tahun lalu ada 5 SMK yang dapat, dan tahun ini 6 SMK diberikan donasi.