“Dengan adanya Platform SP4N Lapor masyarakat dapat dengan mudah menyampaikan berbagai permasalahan yang mereka hadapi terkait pelayanan publik sehingga dapat ditindaklanjuti oleh instansi terkait secara efektif dan efisien,” tambahnya.
Sementara, Provincial Coordinator USAID ERAT, Sarwansa Sahabuddin mengatakan bahwa tujuan dari USAID Erat adalah meningkatkan manfaat yang diterima oleh masyarakat dari pelaksanaan kebijakan badan publik di daerah.
“Tugas kami ini membantu pemerintah daerah untuk meningkatkan manfaatnya kepada masyarakat melalui implementasi kebijakan dan pelayanan publik,” ujarnya
Lanjutnya, khusus untuk SP4N Lapor, pihaknya selalu menjadikan Gowa sebagai benchmark dari kabupaten lain di Sulsel.
“Jadi kemana-mana kami selalu menjadikan Kabupaten Gowa sebagai standarisasi pengeloaan SP4N Lapornya,” tutur Sarwansa.
Ditempat yang sama, Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kabupaten Gowa, Arifuddin Saeni menyampaikan pelaksanaan monev ini sebagai wujud meningkatkan pemahaman, kapasitas dan keterampilan para admin OPD dan Sahabat Lapor melalui simulasi prosedur pengelolaan kanal pengaduan masyarakat.
“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas pengelolaan pengaduan publik di masing-masing SKPD dalam mengoperasikan aplikasi SP4N Lapor, sehingga dapat melaksanakan tugas dan kewajiban dalam menangani lapor atau pengaduan dari masyarakat,” ujarnya.
Kegiatan ini diikuti 70 orang peserta yang berasal dari perwakilan setiap SKPD yang menangani pelaporan dan pengaduan Sp4n Lapor, Sahabat Lapor serta Tim USAID ERAT. (sae)