English English Indonesian Indonesian
oleh

Usung Inovasi Sistem Permesinan Ramah Lingkungan, Tim Unhas Raih Juara 3 Kontes Kapal Indonesia 2024

FAJAR, MAKASSAR-Tim mahasiswa Universitas Hasanuddin (Unhas) berhasil meraih Juara 3 kategori Desain Inovasi Sistem Permesinan dan Kelistrikan dalam Kontes Kapal Indonesia (KKI) 2024 di Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya pada 23-28 Oktober 2024.

Tim Unhas yang bernama Aquaman09 ini terdiri dari Mohd. Jumardi, Muh. Awaluddin, Andi Hirawaty Subhan Putri, Muh. Alif Yusuf Bakri, dan Muh. Syaukani Ibrahim. Mereka mengusung inovasi berjudul “Teknologi Air Lubrication System sebagai Inovasi Pendukung Sistem Propulsi Kapal
Supply Vessel: Pengurangan Hambatan dan Peningkatan Performa Propulsi”.

Inovasi ini mengedepankan konsep sistem permesinan dan kelistrikan efisien untuk mendukung operasional kapal yang ramah lingkungan. Kelima anggota tim merupakan mahasiswa Program Studi Teknik Sistem Perkapalan dengan dosen pendamping tim ini adalah Andi Husni Sitepu, S.T., M.T.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unhas, Prof. Drg. Muhammad Ruslin, M.Kes., Ph.D., SpBM(K), menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada tim mahasiswa Unhas atas keberhasilan mereka.

“Prestasi ini menunjukkan kemampuan mahasiswa Unhas dalam bersaing di tingkat nasional dengan inovasi yang berdaya guna bagi masyarakat. Kami sangat bangga dan berharap pencapaian ini dapat memotivasi mahasiswa lain untuk terus berkarya dan memberikan kontribusi dalam bidang keilmuan masing-masing,” ujar Prof. Ruslin.

Kontes Kapal Indonesia (KKI) merupakan salah satu agenda lomba inovasi teknologi di bidang perkapalan dan maritim, yang meliputi desain, pembuatan prototipe, dan performa prototipe kapal. Lomba ini diselenggarakan setiap tahun oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia, Pusat Prestasi Nasional Kemendikbudristek. Lomba ini ditujukan bagi mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di seluruh Indonesia untuk mendorong inovasi dalam teknologi maritim.

News Feed