English English Indonesian Indonesian
oleh

Pengamat Politik Sebut Pasangan Ilham-Kanita Lebih Kuasai Materi di Debat Pertama

FAJAR, MAKASSAR— Pengamat politik menilai pasangan calon nomor urut dua, DR Ilham Azikin dan Nurkanita M Kahfi dominan menguasai panggung. Pasangan ini disebut terlihat lebih berpengalaman dalam debat pertama Pilkada 2024 yang digelar di Novotel, Makassar, 26 Oktober 2024.

Dominasi Ilham Azikin dan Nurkanita M Kahfi sangat terlihat di sesi empat. Sesi ini adalah sesi pertanyaan dimana kandidat saling bertanya dan menjawab.

Pertanyaan pertama dilontarkan Ilham Azikin yang bertanya tentang IPM. Ilham Azikin bertanya soal strategi kebijakan untuk meningkatkan IPM masyarakat. Pernyataan Ilham Azikin ini kemudian dijawab M Fathul Fauzi. Fathul Fauzi menyebut, untuk meningkatkan IPM itu adalah berkaitan dengan faktor ekonomi.

“Jika kita berbicara melalui IPM, kita tidak boleh lepas dari faktor ekonomi. Dia menyebut, untuk meningkatkan IPM, maka sumber pendapatan masayrakat harus diperbaiki,” jelas dia.

Pertanyaan ini kemudian disanggah Ilham Azikin. Dia menyebut, ada tiga point mendasar yang perlu diperhatikan untuk meningkatkan IPM. “Ketiganya adalah kesehatan, pendidikan, dan standar hidup layak,” kata dia.

Tidak hanya itu, Fathul Fauzi juga sempat bertanya tentang fenomena anak yang putus sekolah di pelosok. Dia menyebut data ini ada banyak di pelosok desa.

Pertanyaan itu dijawab Ilham Azikin. Menurut dia, pemerintah yang baik adalah pemerintah yang berangkat dari data. Bukan fenomena.

“Karena kapan kita berangkat dari fenomena maka akan melahirkan kebijakan yang subjektif. Begitu kebijakan dilakukan subjektif, maka akan bias dan bisa tidak berpihak pada orang banyak,” kata dia.

News Feed