English English Indonesian Indonesian
oleh

Pengamat Politik Sebut Pasangan Ilham-Kanita Lebih Kuasai Materi di Debat Pertama

“Sudah diprediksi sejak awal bahwa Ilham akan unggul dalam penguasaan materi debat Pilkada Banten. Ini didukung oleh dua faktor utama, yaitu pengalaman pemerintahan dan kematangan berorganisasi,” Pengamat Politik Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar (UINAM), Attock Suharto.

Lebih lanjut Attock menjelaskan, Ilham Azikin memiliki rekam jejak panjang dalam birokrasi sebelum menjabat sebagai bupati.

“Pengalaman Ilham dalam berbagai jabatan pemerintahan membuatnya matang dalam memahami pengelolaan pemerintahan dan pengambilan kebijakan publik,” ungkapnya Doktor Ilmu Komunikasi ini.

Menurut Attock, pengalaman organisasi membuat Ilham lebih unggul dalam penguasaan panggung, menjadikannya tampil tenang dan percaya diri dalam setiap kesempatan.

“Dia mampu berkomunikasi dengan jelas, terstruktur, dan responsif terhadap serangan atau kritik dari lawan,” tambahnya.

Dosen Fisip Unhas, Rizal Pausi juga mengatakan, debat yang diselenggarakan oleh KPU Bantaeng ini cukup menarik. Menurut dia, pasangan Ilham Azikin dan Kanita M Kahfi memang terlihat lebih unggul. Baik dari performa maupun penguasaan materi.

“Argumentasi yang berbasis data dengan pemaparan data capaian ini menandakan kemampuan Ilham Azikin untuk memimpin sesuai data dan fakta. Ini membuat IAKAN unggul dalam debat ini,” kata Direktur Lembaga Riset Public Policy Network ini.(fit)

News Feed