English English Indonesian Indonesian
oleh

Bedah Buku Prof Zudan Arif Fakrulloh, Jufri Rahman: Ini Buku Pintar Bagi Pj Gubernur di Masa Depan

FAJAR, MAKASSAR — Sekretaris Provinsi Sulawesi Selatan Jufri Rahman menjadi narasumber dalam bedah buku milik Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan Prof Zudan Arif Fakrulloh, yang berjudul ‘365 Hari di Tanah Mandar Menebar Cinta, Kasih dan Sayang Melalui Program Pemerintah’, yang digelar di Aula Tudang Sipulung, Rumah Jabatan Gubernur Sulsel, Minggu, 27 Oktober 2024.

Selain Jufri Rahman, bedah buku yang dihadiri langsung Prof Zudan tersebut, juga menghadirkan Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin, Prof Dr Andi Pangeran Moenta, sebagai narasumber.

Usai kegiatan tersebut, Jufri mengapresiasi buku yang ditulis oleh Adi Arwan Alimin dan diterbitkan oleh Rajawali Persada tersebut. Menurutnya, buku ini sangat bagus karena berisi rangkuman kebijakan yang telah dilakukan Prof Zudan ketika menjabat sebagai Pj Gubernur Sulbar.

“Termasuk tentang kendala apa yang dihadapi waktu itu serta bagaimana solusinya. Sehingga saya kira ini bisa menjadi buku pintar bagi para penjabat gubernur di masa depan,” ucapnya.

Buku ini, kata Jufri, mengingatkan dirinya tentang catatan sejarah Indonesia dimasa lampau, dimana setiap gubernur jenderal wajib membuat memori jabatan untuk diserahkan kepada gubernur jenderal penggantinya.

“Saya itu tidak heran kenapa Indonesia dulu setiap gubernur jenderal Belanda itu diwajibkan untuk membuat memori jabatan yang diserahkan kepada gubernur jenderal penggantinya, karena dalam memori jabatan itu berisi catatan-catatan penting tentang masalah-masalah besar yang pernah di hadapi saya kira seperti ini mereka menuliskan sejarah,” ungkapnya.

News Feed