English English Indonesian Indonesian
oleh

Unhas-Kemenpora RI Selenggarakan Dialog Nasional, Ulas Independensi dan Integritas Pemuda dalam Pilkada

FAJAR, MAKASSAR-Universitas Hasanuddin melalui Pusat Penelitian Opini Publik pada Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) bekerjasama dengan Deputi Pemberdayaan Pemuda dan Olahraga Kemenpora RI menyelenggarakan dialog nasional kepemudaan dengan tema “Independensi dan Integritas Pemuda Pada Pilkada Serentak Tahun 2024”. Kegiatan berlangsung pukul 13.30 Wita di Gedung Ipteks, Kampus Unhas Tamalanrea, Makassar, Kamis (24/10).

Hadir sebagai narasumber Dr. H. Amar Ahmad, M.Si (Asisten Deputi Pemberdayaan Pemuda Kemenpora RI), Prof. Dr. H. M Arfin Hamid, S.H., M.H (Akademisi Unhas), Hasbullah, S. Sos., M. Kesos (Ketua KPU Provinsi Sulsel), Dr. Najib Azca (Dosen FISIPOL UGM) dan Perwakilan BEM Unhas.

Dalam kesempatan tersebut, Sekretaris Universitas Prof. Ir. Sumbangan Baja, M.Phil., Ph.D., dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya dialog nasional dengan menghadirkan para narasumber ahli. Menurutnya, kegiatan ini sangat bermanfaat untuk memberikan gambaran tentang peran pemuda dalam pemilu. Dirinya menambahkan, pemuda berperan aktif dalam memastikan proses demokrasi berjalan dengan adil dan jujur.

Lebih lanjut, Prof Sumbangan menuturkan, diharapkan para pemuda menjadi agen perubahan yang mampu menahan diri dari pengaruh negatif, seperti politik uang dan kampanye hitam yang berpotensi merusak kualitas demokrasi.

“Fenomena politik masih diwarnai dengan perilaku politik yang tidak kondusif terhadap perkembangan demokrasi yang diharapkan. Melalui kegiatan ini, diharapkan bisa memberikan pemahaman pentingnya peran pemuda dalam pemilu,” jelas Prof Sumbangan.

News Feed