English English Indonesian Indonesian
oleh

Angin Kencang Rusak Puluhan Rumah di Maros

MAROS, FAJAR — Puluhan rumah di dua kelurahan dan satu desa di Kabupaten Maros diterjang angin kencang Jumat sore, 25 Oktober 2024.

Lurah Baji Pa’mai Ilham Halimsyah mengatakan saat ini ada sekitar 17 rumah yang terdampak angin kencang. Kejadiannya sekitar pukul 15.30 Wita.

“Saat itu turun hujan deras disertai angin kencang di wilayah kami di Kelurahan Baji Pa’mai sehingga mengakibatkan beberapa atap rumah warga di Lingkungan Sengkalantang beterbangan,” katanya.

Jumlah rumah yang terdampak angin kencang ini sekitar 17 unit. “Jadi setelah kami identifikasi bersama aparat setempat, Binmas dan Babinsa serta RW sementara ada 17 unit rumah dengan jenis kerusakan sedang dan berat,” katanya.

Mantan Lurah Bontoa ini juga mengatakan kategori rusak sedang adalah rumah yang atapnya hanya mengalami kerusakan sedikit.

“Kita kategorikan rusak berat kalau jumlah seng atau dinding rumahnya yang diterbangkan angin itu lebih 10 lembar. Kalau dibawah 10 lembar itu kami kategorikan rusak sedang,” jelasnya.

Selain seng kata dia, banyak juga balok atap yang terbawa angin. “Malah ada separuh atap rumah warga kami yang jatuh di empang,” sebutnya.

Dia mengaku sudah melakukan koordinasi dengan tim Tagana Dissos, BPBD, dan Kampung Siaga Bencana (KSB).

“Supaya segera dikirimkan tenda. Terutama untuk rumah yang atapnya sudah jebol, karena ada enam sampai malam ini atapnya sudah tidak ada. Jadi kasihan kalau terjadi hujan lagi, mereka bisa basah,” katanya.

Dia berharap semuanya bisa segera tertangani. “Semoga masyarakat bisa menempati kembali rumahnya,” ungkapnya.

News Feed