English English Indonesian Indonesian
oleh

PKS Puji Retret Kabinet Merah Putih Prabowo

FAJAR, JAKARTA–Retret anggota Kabinet Merah Putih yang berlangsung pada 24–27 Oktober 2024 mendapat apresiasi. Wakil Ketua Komisi I DPR RI Ahmad Heryawan mengatakan, pembekalan Retret Kabinet Merah Putih (KMP) di Akademi Militer (Akmil), Magelang, Jawa Tengah ini menjadi momentum untuk memperkuat soliditas dan kesinergisan para anggotanya.

“Acara retret tersebut merupakan momen untuk memperkuat soliditas dan sinergisitas antar-menteri dalam Kabinet Merah Putih. Dengan melakukan kegiatan bersama di lingkungan yang berbeda, diharapkan dapat meningkatkan kekompakan dan pemahaman yang lebih baik antaranggota kabinet,” kata Aher, sapaan karibnya, dalam rilis di Jakarta, Jumat (25/10/2024)

Mantan Gubernur Jabar itu mengatakan, tantangan yang dihadapi oleh pemerintahan Prabowo-Gibran sangat kompleks, mulai dari persoalan dinamika politik global hingga tantangan ekonomi yang serba sulit. “Tentu memerlukan kesatuan sikap dan pandangan, bagaimana mengatasi persoalan itu semua,” ucap politisi Fraksi PKS ini.

Selain itu, dia menilai pembekalan anggota KMP di Akmil, Magelang, juga dilakukan agar dapat menekan potensi egosektoral antar-kementerian. “Saya paham, jumlah kementerian saat ini sangat besar, ada sekitar 53 kementerian dan lembaga setingkat kementerian. Tantangan utamanya adalah koordinasi lintas sektoral yang selama ini masih bermasalah, masih adanya problem ego sektoral,” tuturnya.

Aher menilai, dengan gaya kepemimpinan Presiden Prabowo yang berlatar belakang militer, menurutnya tentu para menteri perlu dikondisikan dengan gaya kepemimpinan beliau sehingga potensi egosektoral dapat diminimalisasi.

News Feed