English English Indonesian Indonesian
oleh

Keperawatan dan Kebidanan UMI Gelar PKM di Posyandu Lanna, Edukasi Warga Terkait Kehamilan Sehat dan Aman Bebas Anemia Melalui Pembentukan G-ANC

FAJAR, MAKASSAR — Tim pengabdi dari Universitas Muslim Indonesia (UMI) dari ilmu Keperawatan, melakukan pengabdian kepada masyarakat.

Kali ini terkait pembentukan Group Antenatal Care (G-ANC) menuju kehamilan yang Sehat dan Aman dengan bebas Anemia. Digelar di Puskesmas Parangloe, Kelurahan Lanna, Rabu, 16 Oktober 2024.

Kegiatan ini melibatkan Yusrah Taqiyah, SKepNs, MKes, MKepl (Ketua Tim) dan anggota tim yang merupakan Dosen S1 Ilmu Keperawatan yaitu Fatma Jama, SKep, Ns, MKes.

Lalu ada dosen program studi Kebidanan; Andi Masnilawati, SST, MKes, serta dua mahasiswa, A Nabila Aulia dan Andi Rahmadina Aolya.

Ketua Tim PKM di Kelurahan Lanna, Yusrah Taqiyah, SKepNs, MKes, MKepl, mengatakan
berdasarkan hasil wawancara awal, Tim PkM mendapatkan informasi dari Penanggung Jawab Pokja KIA dan kader setempat, jika tingginya masalah kesehatan ibu hamil.

Sehingga hal ini menyebabkan beberapa ibu mengalami anemia selama kehamilan dan mengakibatkan kelahiran premature, BBLR bahkan sampai stunting.

“Nah setelah dilakukan pemeriksaan didapatkan dua di antaranya mengalami anemia, satu orang mengalami tanda-tanda KEK dengan hasil LILA 20 cm. Selebihnya mengeluh sulit beradaptasi dengan perkembangan usia kehamilannya,” tuturnya.
 
Melalui pembentukan Group Antenatal Care (G-ANC), tim PkM melakukan beberapa kegiatan diantaranya pemberian edukasi tentang Anemia pada Ibu Hamil oleh Yusrah Taqiyah.

Lalu dilanjutkan oleh Dosen Bidan Andi Masnilawati memberikan pelatihan terkait cara perawatan dan pemijatan bayi untuk meningkatkan imunitas dan nafsu makan.

News Feed