English English Indonesian Indonesian
oleh

Cerdas dan Punya Seabrek Pengalaman, Kolonel Anton Pallaguna Jadi Ajudan Presiden Prabowo

JAKARTA, FAJAR – Presiden RI Prabowo Subianto menetapkan empat ajudannya. Salah satunya adalah Kolonel Anton Pallaguna, lulusan Akademi Angkatan Udara tahun 2000.

Tugas terakhir Kolonel Anton sebelum diangkat sebagai ajudan presiden adalah Asisten Operasi Kosek IKN sebelum menjadi Pasis Dikreg LII Sesko TNI 2024.

“Kolonel Anton ini berasal dari Korps Penerbang Tempur. Menguasai berbagai pesawat tempur yang berasal dari blok barat maupun timur. Kolonel Anton pernah juga membidangi dan bergabung dalam tim aerobatik TNI AU kebanggaan Indonesia, the Jupiters. Selama 24 tahun bertugas dalam berbagai operasi matra udara dan operasi gabungan TNI khususnya operasi pertahanan udara. Pengalaman ini langka dan memberikan perspektif tentang pola ancaman pertahanan udara,” kata Ngasiman Djoyonegoro, analis intelijen, pertahanan dan keamanan, tentang Kolonel Anton.

Bagi Simon, sapaan akrabnya, pengalaman ini semakin diperkuat dengan berbagai prestasi penyelamatan lainnya.

Kolonel Anton diganjar penghargaan “Well Done Award” oleh KSAU atas tindakan heroiknya menyelamatkan pesawat SU-30 MK2 TS-3009 yang mesinnya meledak di Udara akibat Foreign Object Damage sehingga alutsista mahal negara bisa diselamatkan tanpa ada korban jiwa.

“Ini mempertegas jiwa patriotik dan nasionalisme Sang Kolonel Anton, sehingga sudah tepat ditetapkan sebagai ajudan presiden,” kata Simon.

“Kolonel Anton, yang saya kenal, tak cepat puas dengan kapasitas yang dimilikinya. Upaya pengembangan diri tanpa henti terus dilakukannya. Ini menunjukkan bahwa pengabdian kepada bangsa dan negara harus total dan cerdas,” lanjutnya.

News Feed