English English Indonesian Indonesian
oleh

Ini Daftar 24 Desa yang Dapat Bantuan Kemenparekraf

FAJAR, TANGERANG SELATAN — Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) menyerahkan bantuan ke 24 Desa. Dukungan Pengembangan Usaha Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (DPUP) kepada 24 desa wisata yang tersebar di 12 provinsi. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas desa wisata, sekaligus memperkuat ekonomi kreatif berbasis masyarakat.

Penyerahan bantuan ini berlangsung di Hotel Mercure Serpong Alam Sutera, Tangerang Selatan, pada Rabu (23/10/2024). Acara ini merupakan tindak lanjut dari Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI)*yang telah diinisiasi sejak tahun 2023.

Direktur Akses Pembiayaan Kemenparekraf, Anggara Hayun Anujuprana menyerahkan secara simbolis bantuan DPUP kepada perwakilan dari Desa Wisata Nagari Lawang. Dalam sambutannya, Anggara menjelaskan bahwa DPUP dirancang untuk memberikan dorongan bagi desa-desa wisata dalam mengembangkan daya tarik wisata dan meningkatkan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang terkait dengan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf).

“Melalui program DPUP, kami berupaya mendorong pertumbuhan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di tingkat desa, khususnya dalam pengembangan atraksi wisata, usaha kriya, kuliner, dan fesyen,” ungkapnya dilansir dari website resminya, Kamis, 24 Oktober 2025.

Program DPUP ini telah menyalurkan bantuan kepada 50 desa wisata yang terkurasi, dan 24 di antaranya telah menandatangani perjanjian kerja sama. Setiap desa wisata menerima bantuan rata-rata sebesar Rp120 juta, dilengkapi dengan program penguatan pengelolaan bisnis melalui literasi keuangan dan bisnis.

News Feed