English English Indonesian Indonesian
oleh

HIMAPRODI PBSI UNM Bangun Pojok Baca di Desa Pucak

FAJAR, MAROS – Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Dewan Mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Negeri Makassar (HIMAPRODI PBSI DEMA JBSI FBS UNM) kembali berkontribusi dalam Program Penguatan Kapasitas Organisasi Mahasiswa (PPK ORMAWA). Itu dengan membangun tujuh Pojok Literasi di Desa Pucak, Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Maros. Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya pengembangan literasi di wilayah tersebut.

Tim penilai dari Kementerian Pendidikan, Ni Luh Gde Sumardani bersama Abdul Gafur dari Belmawa pun melakukan visitasi ke lokasi mereka. Kedatangan mereka disambut hangat Plt Bupati Maros, Suhartina Bohari dan para kepala dinas terkait, Selasa, 23 Oktober. Agenda utama kegiatan ini adalah mengunjungi pojok-pojok literasi yang telah dibangun tim pelaksana dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab bersama masyarakat yang menjadi kader literasi.

Ketua Tim PPK ORMAWA HIMAPRODI PBSI, Shadiq Dwi Setiawan, menjelaskan alasan pemilihan Desa Pucak sebagai lokasi program. Menurutnya, observasi yang dilakukan menunjukkan adanya tiga permasalahan utama di desa tersebut, yaitu di bidang pendidikan, sosial, dan ekonomi. “Kami menetapkan topik Desa Cerdas untuk mengatasi masalah-masalah ini,” ungkap Shadiq.

Dia juga berharap agar pojok-pojok baca yang didirikan dapat menjadikan Desa Pucak sebagai contoh bagi desa-desa lain dalam pengembangan literasi. “Kami berharap program literasi ini dapat menjadikan Desa Pucak sebagai desa percontohan di Kabupaten Maros, terutama dalam hal pengembangan literasi,” lanjutnya.

News Feed