English English Indonesian Indonesian
oleh

Program Museum Keliling Memperluas Wawasan

FAJAR, MAKASSAR — Museum Kepresidenan RI Balai Kirti hadir di Makassar Sulawesi Selatan melalui Program Museum Keliling, yang menghadirkan koleksi kepresidenan selama dua pekan ke depan selama 18-31 Oktober 2024)di Benteng Rotterdam.

Dalam upaya mengembangkan wawasan dan memperluas akses publik terhadap sejarah kepemimpinan nasional, Museum Kepresidenan RI Balai Kirti menyelenggarakan agenda museum keliling dengan mengusung tema “Pakkamase” yang memperkenalkan cerita dan sisi humanis dari para pemimpin bangsa.

Kegiatan ini akan menghadirkan berbagai kegiatan yang menarik seperti pameran, wicara publik, lokakarya, susur kota dan tur museum, pemutaran film tentang tokoh bangsa, hingga kegiatan seni dan budaya dalam panggung senja dan malam bersama komunitas.

Pemilihan Makassar sebagai lokasi pelaksanaan museum keliling karena Makassar merupakan tempat kelahiran tokoh nasional seperti Presiden BJ Habibie dan Wakil Presiden Jusuf Kalla, selain itu Makassar juga merupakan sentral dari wajah Indonesia Timur.

Shany Kasysyaf, Koordinator Relasi Media, menjelaskan, ada beberapa rangkaian kegiatan yang menarik seperti pameran, wicara publik, lokakarya, susur kota dan tur museum, pemutaran film tentang tokoh bangsa, hingga kegiatan seni.

“Program utamanya itu memang pameran. Namun kegiatannya berlangsung dua pekan, makanya ada banyak kegiatan yang akan diisi. Salah satunya untuk hari ini akan ada kegiatan wicara publik. Di mana salah satu pembicaranya itu ada Kak Ibrah La Iman yang juga sebagai Penulis Novel BJ Habibie yang akan membawakan materi mengenai Presiden Sebagai Kata Kerja,” ujarnya saat berkunjung ke Redaksi FAJAR, Rabu, 23 Oktober 2024.

News Feed