English English Indonesian Indonesian
oleh

Ini Program Menteri Pariwisata Enam Bulan Ke Depan

FAJAR, JAKARTA – Widiyanti Putri Wardhana resmi mengemban tugas sebagai Menteri Pariwisata Republik Indonesia untuk periode 2024-2029. Serah terima jabatan dilakukan pada Senin, 21 Oktober 2024) di Balairung Soesilo Soedarman, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Jakarta. Dalam sambutan perdananya, Menpar Widiyanti menegaskan komitmennya untuk melanjutkan momentum pengembangan sektor pariwisata Indonesia yang kini berada di peringkat 22 dari 119 negara dalam Indeks Travel & Tourism Development Index (TTDI) 2024.

“Saya berkomitmen melanjutkan momentum ini agar sektor pariwisata terus berkembang. Ke depannya terdapat tantangan dalam penguatan potensi pariwisata Indonesia,” ujar Widiyanti.

Widiyanti menjelaskan untuk enam bulan ke depan dia telah menyiapkan sejumlah program kerja prioritas. Empat di antaranya adalah Hearing Aspirasi, yakni mendengarkan masukan dari berbagai pihak terkait transformasi pariwisata. Tourism 5.0 adalah mengembangkan pemasaran Calendar of Events berbasis digital dan penerapan asisten perjalanan berbasis kecerdasan buatan (AI).

Selanjutnya Grand Strategy Diversifikasi Atraksi yaitu penggunaan Indonesia Quality Tourism Fund untuk mengembangkan atraksi wisata lokal serta event berskala internasional. Terakhir kerja sama global meliputi merancang kolaborasi dengan institusi kelas dunia guna transfer pengetahuan dan menciptakan sekolah unggulan pariwisata bertaraf internasional.

Dia menekankan pentingnya sinergi antara Kementerian Pariwisata dan Kementerian Ekonomi Kreatif yang kini dipimpin oleh Teuku Riefky Harsya. Meskipun kedua kementerian tersebut telah dipisahkan, Widiyanti yakin bahwa kolaborasi yang erat dapat terus terjalin guna memajukan pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia.

News Feed