English English Indonesian Indonesian
oleh

Gakkumdu Segera Tuntaskan Kasus Dugaan Pelanggaran Pilkada

PALOPO, FAJAR — Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) melakukan aksi unjuk rasa di Kantor Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Palopo, Senin, 21 Oktober 2024.

Aksi yang dilakukan puluhan mahasiswa mendesak Gakkumdu Kota Palopo untuk segera menuntaskan sejumlah persoalan terkait dugaan pelanggaran yang terjadi di Pilkada Palopo 2024.

Dalam orasinya, massa aksi menilai Bawaslu Palopo dan Gakkumdu keluar dari regulasi dan mencoba untuk lepas tangan.

Ketua Cabang HMI Kota Palopo, Ardi Reski mengatakan jika aksi ini, pihaknya membawa sejumlah tuntutan terkait penyelesaian masalah yang terjadi tekait di Pilkada Palopo.

“Tuntutan kami yaitu mendesak Gakkumdu menyelesaikan proses hukum pada kontestasi Pilkada Palopo 2024. Kemudian mendesak kejaksaan menginisiasi penyelesaian perkara hukum yang ada di Bawaslu maupun Gakkumdu,” kata Ardi Reski, Senin, 21 Oktober 2024.

“Kami juga mendesak Polres Palopo melaksanakan upaya hukum yang ada di Bawaslu dan mendesak bawaslu, kejaksaan maupun Polres Palopo bertanggung jawab untuk menjaga marwah pilkada damai di Kota Palopo,” sambungnya.

Terkait sejumlah kasus yang bergulir di Gakkumdu Palopo, pihaknya tetap menghargai proses yang bergulir saat ini.

Namun, akan tetapi dalam hal ini Gakkumdu maupun Bawaslu segera memberikan kepastian hukum dan tetap berjalan sesuai pada porosnya.

“Jangan sekali-kali mencoba keluar dari regulasi. Kenapa? karena masyarakat Kota Palopo tentunya mengharapkan Pilkada berjalan dengan damai, baik, dan lancar,” ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga menilai jika Bawaslu dalam melakukan pengawasan, verifikasi dan klarifikasi tidak cermat dalam mengamati hal-hal yang terjadi.

News Feed