English English Indonesian Indonesian
oleh

Trisal Tahir ‘Menghilang’, Penyidik Kejar Cawalkot Palopo ke Jakarta

HARIAN.FAJAR.CO.ID, PALOPO -– Kasus pemalsuan ijazah yang menyeret nama calon Wali Kota Palopo, Trisal Tahir, semakin memancing perhatian publik. Tersangka yang sudah dua kali mangkir dari panggilan pemeriksaan, kini dalam pencarian oleh tim penyidik Gakkumdu Palopo, yang telah bergerak menuju Jakarta.

Ketua Bawaslu Palopo, Khaerana, menyampaikan bahwa penyidik saat ini masih berusaha mencari keberadaan tersangka di Jakarta dan Makassar. “Kami menunggu hasil dari rekan-rekan penyidik untuk melanjutkan ke pembahasan ketiga di Gakkumdu. Proses ini penting sebelum berkas diserahkan ke Jaksa Penuntut Umum (JPU),” jelas Khaerana kepada Wartawan, Senin 21 Oktober 2024.

Ia menegaskan bahwa meski proses pencarian berlangsung hingga pukul 22.00 WITA, ada batasan regulasi yang harus diikuti. “Pencarian tersangka terbatas oleh aturan regulasi yang berlaku dalam proses  pilkada,” ungkapnya.

Ia menambahkan, Penyidik telah melayangkan dua kali panggilan resmi, namun Trisal Tahir tidak kooperatif. “Dia tidak Kooperatif,” ungkap Khaerana.

Wakil Penyidik Kordinator Gakkumdu Polres Palopo, Iptu Ridwan Parintak, menjelaskan, bahwa setelah ditetapkan sebagai tersangka, ada prosedur standar yang mengatur panggilan pertama dan kedua. Karena kedua panggilan tidak diindahkan, surat perintah membawa tersangka telah diterbitkan. “Saat ini tim Gakkumdu sudah berangkat ke Jakarta dan Makassar, untuk melakukan pemeriksaan” ungkap Iptu Ridwan.

Ia menambahkan, jika hingga pukul 22.00 WITA penyidik belum berhasil menemukan tersangka, akan dilakukan pembahasan lebih lanjut. “Kami masih menunggu hasil dari tim di lapangan yang sedang bekerja,” pungkasnya. (bso/*)

News Feed