English English Indonesian Indonesian
oleh

Tak Singgung IKN Sama Sekali dalam Pidato, Apa Alasan Utama Prabowo?

HARIAN.FAJAR.CO.ID, JAKARTA–Dalam pidato kenegaraannya, Prabowo Subianto sama sekali tidak menyinggung pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN). Hal ini menimbulkan reaksi dari Ketua DPP PDI Perjuangan Komarudin Watubun.

Dia menyebut, Prabowo sangat memahami apa yang menjadi prioritas bangsa Indonesia saat ini.

“Pak Prabowo tidak sebut itu (IKN), Pak Prabowo sendiri pasti memprioritaskan hal apa yang menjadi prioritas hari ini,” kata Komarudin yang juga menghadiri pelantikan Presiden-Wakil Presiden.

Menurutnya, situasi geopolitik ke depan akan menguras banyak tenaga. Terlebih, Indonesia dihadapkan biaya utang luar negeri Indonesia yang mencapai USD 425,1 miliar.

“Karena kondisi nasional seperti begini, pengaruh geopolitik global tentu menguras banyak tenaga. Kita punya utang luar negeri sekarang ini Rp8.400 triliun,” ucap Komarudin.

Komarudin meyakini Prabowo mempunyai skla prioritas yang harus dikerjakan. Apalagi, tahun depan Indonesia harus bayar Rp1.000 triliun lebih.

“Ini beban-beban yang harus diselesaikan oleh Pak Prabowo. Jadi, saya pikir itu bagian dari sikap Pak Prabowo untuk menggarisbawahi mana yang jadi prioritas,” pungkas Komarudin. (jpg/zuk)

News Feed