English English Indonesian Indonesian
oleh

Sasar Kelurahan Romang Lompoa, Tim Dosen LPkM UMI Edukasi Latihan Brain Gym untuk Lansia

FAJAR, MAKASSAR— Tim Dosen Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat (LPkM) Universitas Muslim Indonesia (UMI), melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

Kali ini dilakukan pada kelompok Majelis Taklim Permata Halmatussa’diyah, Kelurahan Romanglompoa, Kecamatan Bontomarannu, Kabupaten Gowa.

Kegiatan ini bertajuk “Optimalisasi Kualitas Hidup dan Fungsi Kognitif Lansia SMART (Sehat, Mandiri, Aktif, Religius, Terampil)” melalui edukasi latihan brain gym.

Ketua Tim PKM, Wa Ode Sri Asnaniar, S.Kep., Ns., M.Kes., M.Kep mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup lansia, terutama mengingat rentannya fungsi kognitif seiring pertambahan usia.

Latihan brain gym, yang merupakan serangkaian gerakan sederhana, dirancang untuk memberikan stimulasi dan meningkatkan konsentrasi otak.

“Sebanyak 30 peserta dari Majelis Taklim Permata Halmatussa’diyah mengikuti kegiatan yang diawali dengan pemeriksaan kesehatan, meliputi pengukuran tekanan darah dan kadar glukosa darah,” ucapnya.

Anggota Tim, Ns Nur Wahyuni Munir, S.Kep., Ns., M.Kep., Sp.Kep., MB, memberikan penjelasan tentang pentingnya fungsi kognitif dan kualitas hidup.

Sesi latihan brain gym dipandu oleh Ns Akbar Asfar, S.Kep., M.Kes., M.Kep., dengan bantuan mahasiswa Keperawatan UMI.

Pembina Majelis Taklim, Rukayah
menyatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat. Tidak hanya dalam meningkatkan aspek spiritual, tetapi juga dalam menambah pengetahuan peserta tentang cara meningkatkan kualitas hidup dan fungsi kognitif. (*)

News Feed