English English Indonesian Indonesian
oleh

Pjs Bupati Gunakan Pakaian Adat Kajang di Fashion Show

Raih Juara 1 Best Performance

FAJAR, BULUKUMBA — Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Bulukumba Muhammad Rasyid memboyong pulang penghargaan Best Performance diacara Fashion Show dalam rangka perayaan hari jadi Sulsel Ke-355, tahun 2024.

Itu setelah Asisten Pemerintahan dan Kesra Provinsi Sulsel itu berhasil memukau para juri dengan tampil mengenakan pakaian adat Kajang.

Dengan mengenakan pakaian serba berwarna hitam lengkap dengan passapu (topi) khas Kajang, Muhammad Rasyid berlenggak lenggok tanpa meneganakan sandal yang menjadi ciri khas warga ada Kajang.

Sementara istri Andi Fatmawati yang mendampinginya juga mengenakan busana kain Kajang yang dipadukan dengan kain tenun Bira.

Pjs Bupati Muhammad Rasyid tidak menyangka dirinya meraih juara Best Performance. Ia mengaku hanya tampil apa adanya dengan pakaian hitam khas adat Kajang dan tidak menggunakan alas kaki alias telanjang kaki.

“Ini juga membuktikan bahwa tidak mesti gagah dan tidak mesti pakaian bagus dan mahal. Ternyata dengan tampil natural kita bisa juara,” ungkap Muhammad Rasyid.

Lebih jauh dikatakan, bahwa inilah pentingnya menjaga atau mempertahankan budaya yang natural tersebut, karena ke depan sesuatu yang alami seperti budaya Kajang ini akan terus dicari di tengah derasnya arus budaya globalisasi.

Diketahui Sulawesi Selatan memperingati Hari Jadinya setiap tanggal 19 Oktober. Hari Jadi Sulawesi Selatan ke 335 ini mengambil tema : Sulsel Rumah Untuk Kita Semua. Berbagai rangkaian kegiatan digelar seperti jalan santai, pameran dan karnaval budaya.(Akb)

News Feed