English English Indonesian Indonesian
oleh

Makassar Traditional Game Festival 2024 Bangkitkan Nostalgia Permainan Masa Kecil

FAJAR, MAKASSAR — Komunitas Jalan-jalan Seru (JJS) Makassar kembali akan menggelar kegiatan Makassar Traditional Game Festival (MTGF) 2024. Event ke-11 ini akan digelar di Taman Pakui Sayang pada Minggu, 27 Oktober 2024.

14 permainan traditional akan dimainkan dalam MTGF di antaranya Macukke atau Accangke’, Bulang-bulang atau Patte’-patte, Beklang, Ma’ Asing-asing, Longga-longga, hingga Maddende atau Dende-dende.

Setiap permainan akan dimainkan secara individu atau perorangan dan kelompok atau tim. Hal ini bertujuan untuk mengasah dan meningkatkan kemampuan diri sendiri untuk bertahan dalam setiap situasi.

Ketua panitia MTGF, Melyanto mengatakan, kegiatan ini digelar atas dasar kegelisahan komunitas JJS Makassar yang merasa kebiasaan bermain bersama di kalangan anak zaman sekarang mulai hilang karena gadget.

“Ini sekaligus untuk memperkenalkan budaya kita yang kaya akan permainan traditional sekaligus mengembalikan memori orang-orang dewasa yang masa kecilnya dihabiskan bersama permainan-permainan tersebut,” ucap Melyanto, Senin, 21 Oktober 2024.

Ia juga menambahkan bahwa event ini merupakan kegiatan tahunan yang dibuat semakin seru karena melibatkan banyak orang.

“Kegiatan ini rutin kami lakukan setiap tahunnya. Permainan-permainan ini akan semakin seru karena dimainkan bersama, baik itu dalam bentuk lomba atau panitia akan meng-challenge pengunjung lalu diberi sovenir menarik dari para sponsor, MTGF 2024 ini juga dibuka untuk umum dan tidak dipungut biaya, jadi kami dari komunitas JJS mengajak seluruh warga Makassar untuk,” jelas Mely.

News Feed