English English Indonesian Indonesian
oleh

Konferensi Internasional AGI ke-6: Merangkul Tantangan dan Peluang di Abad ke-21

Abd. Kasim Achmad menuturkan bahwa selain sesi pleno dengan para keynote speaker, konferensi yang berlangsung pada 17-18 Oktober 2024 ini juga memberikan wadah bagi para ahli bahasa Jerman.

Mereka berkesempatan untuk mempresentasikan karya ilmiahnya dalam diskusi paralel dengan kajian-kajian tentang pembelajaran dan pengajaran bahasa Jerman, linguistik, sastra, hingga budaya Jerman.

Di akhir acara dilakukan pemilihan Ketua AGI yang baru, Prof. Pratomo Widodo yang sebelumnya menjabat sebagai ketua digantikan oleh Dr. Dewi Kartika Ardiyani.

“Sebagai bagian dari rangkaian acara, panitia juga menyelenggarakan malam budaya untuk memberikan kesempatan bagi peserta untuk mengenal lebih dekat kekayaan budaya Indonesia, khususnya budaya Sulawesi,” kata Abd. Kasim Achmad.

Selain itu, pada hari terakhir konferensi, peserta diajak untuk mengunjungi destinasi wisata alam yang menakjubkan, Rammang-rammang.

“Konferensi ini tidak hanya menjadi ajang pertukaran ilmu pengetahuan, tetapi juga memperkuat jaringan kerja sama antar peneliti dan praktisi bahasa Jerman di kawasan Asia Tenggara,” ucap Abd. Kasim Achmad.

“Harapannya, hasil-hasil dari konferensi ini dapat memberikan kontribusi yang signifikan bagi pengembangan studi bahasa Jerman di masa depan,” tambahnya. (ams)

News Feed