English English Indonesian Indonesian
oleh

Hasil Survei CPI-LSI, Andalan Hati 61,4%, DIA hanya 12,9%

JAKARTA, FAJAR — Citra Publik Indonesia (CPI)- Lingkaran Survei Indonesia (LSI), merilis temuan riset terbarunya untuk Pilgub Sulsel 2024. Hasilnya, elektabilitas pasangan calon gubernur dan wakil gubernur, Andi Sudirman Sulaiman-Fatmawati Rusdi (Andalan Hati), semakin sulit terkejar.

Pasangan nomor urut 2 ini jauh lebih dominan dibandingkan rivalnya, Moh Ramdham Pomanto-Azhar Arsyad (DIA). Elektabilitas Andalan Hati sudah mencapai angka 61,4 persen. Sementara Danny Pomanto-Azhar Arsyad hanya memperoleh 12,9 persen. Sisanya, 25,7 persen belum menentukan pilihan, tidak menjawab dan merahasiakan.

Direktur CPI-LSI, Hanggoro Doso Pamungkas, menguraikan, survei terbaru yang dilakukan lembaganya itu, pengambilan datanya 3-8 Oktober 2024 di 24 kabupaten/kota di Sulsel dengan melibatkan 800 responden secara tatap muka. Metode yang digunakan adalah multistage random sampling dengan margin of error sekitar ±3,54 persen.

“Tingkat keunggulan elektabilitas di atas jika di breakdown di berbagai segmentasi pemilih, maka mayoritas pasangan Andi Sudirman Sulaiman-Fatmawati Rusdi mengungguli berbagai segmen,” urai Hanggoro, Minggu (20/10/24).

Khusus untuk elektabilitas kandidat gubernur, Andi Sudirman juga unggul jauh. Elektabilitasnya 58,8 persen, dan Danny Pomanto hanya memperoleh 13,1 persen. Sementara untuk calon wakil gubernur, Fatmawati juga unggul dengan 39,8 persen dibandingkan Azhar Arsyad yang meraih 10,1 persen.

Begitu pula di tingkat popularitas menunjukkan bahwa Andi Sudirman mencapai 68,8 persen, sementara Danny Pomanto 34,7 persen. Untuk Fatmawati, popularitasnya mencapai 49,6 persen, sedangkan Azhar Arsyad hanya 14,5 persen.

News Feed