English English Indonesian Indonesian
oleh

Pilkada 2024, Lembaga Survei Baiknya Sediakan Data dan Fakta yang Autentik

FAJAR, MAKASSAR—Universitas Hasanuddin (Unhas) melalui Pusat Penelitian (Puslit) Opini Publik Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM), bekerja sama dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Selatan, menyelenggarakan Seminar Nasional Pilkada Tahun 2024 dengan tema “Peran Lembaga Survei dan Dinamika Demokrasi Lokal di Indonesia Tahun 2024.” Acara ini berlangsung di Gedung Ipteks Unhas, Kampus Tamalanrea, Makassar, pada Kamis, 17 Oktober.

Seminar ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran publik tentang pentingnya Pilkada Serentak 2024, menganalisis peran lembaga survei dalam memperkuat kualitas demokrasi di Indonesia, khususnya di Sulawesi Selatan, serta mengidentifikasi tantangan dan peluang lembaga survei dalam meningkatkan kedaulatan rakyat. Hal ini agar data dan hasil survei autentik.

Mengawali kegiatan, Kepala Pusat Penelitian Opini Publik LPPM Unhas, Muh. Iqbal Latief, menyampaikan pentingnya peran lembaga survei dalam menyediakan data dan fakta yang mendukung proses politik, terutama dalam konteks Pilkada.

“Keberadaan lembaga survei sangat krusial dalam memahami dinamika politik dan demokrasi. Melalui data yang dihasilkan, kita dapat menilai bagaimana kontribusi lembaga survei dalam membangun demokrasi yang lebih baik di masa depan,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia berharap seminar ini dapat memberikan pemahaman kepada mahasiswa agar mereka bisa menjadi pionir dalam upaya memperkuat demokrasi di Indonesia, khususnya di Sulawesi Selatan.

Sekretaris LPPM Unhas, Prof. Suharman Hamzah, dalam sambutannya, menegaskan bahwa LPPM Unhas telah berkembang pesat dengan berdirinya 25 pusat penelitian, termasuk Pusat Penelitian Opini Publik.

News Feed