English English Indonesian Indonesian
oleh

Kazakhstan Rebut 11 Emas di Kejuaraan Pencak Silat Asia 2024, Ternyata Pelatihnya dari Indonesia

FAJAR, UZBEKISTAN-Tim Pencak Silat Kazakhstan meraih prestasi gemilang pada Kejuaraan Asia Pencak Silat ke-8 tahun 2024 di Uzbekistan, pada tanggal 8 hingga 16 Oktober 2024. Kazakhstan berhasil mendapatkan 11 emas, 11 perak, dan 23 perunggu pada kategori dewasa, junior dan anak-anak. Hal yang sangat membanggakan juga karena Tim Pencak Silat Indonesia berhasil menjadi Juara Umum pada kompetisi yang diikuti 450 peserta dari 15 negara tersebut.

Dubes Republik Indonesia untuk Republik Kazakhstan dan Republik Tajikistan, Dr. M. Fadjroel Rachman menyampaikan bahwa prestasi Tim Pencak Silat Kazakhstan ini sebagai bukti semakin kuatnya hubungan antara Indonesia dan Kazakhstan.

“Kita bersyukur karena capaian ini merupakan tanda bahwa hubungan Indonesia dan Kazakhstan semakin baik. Kami di KBRI Astana terus mengomunikasikan kepada seluruh pihak baik di pemerintah pusat, Persilat, IPSI, serta kampus di Indonesia agar memberikan dukungan untuk kemajuan Pencak Silat Kazakhstan. Kazakhstan sekarang menjadi episentrum Pencak Silat di Asia Tengah dan Eurasia”, kata Dubes RI yang juga penasehat Asosiasi Pencak Silat Kazakhstan dan Tajikistan tersebut.

Pelatih Persekutuan Pencak Silat Antarbangsa (Persilat), Nurfakih yang sedang mendampingi delegasi Pencak Silat Kazakhstan mengatakan bahwa Pencak Silat Kazakhstan terus mengalami kemajuan.

“Perkembangan Pencak Silat Kazakhstan secara prestasi sangat signifikan naiknya. Mereka punya semangat tinggi dan bakat untuk bersaing dengan negara lain,” ujar pelatih yang berada di Kazakhstan selama 3 bulan untuk membantu pesilat Kazakhstan menghadapi kompetisi Kejuaraan Asia di Uzbekistan pada Oktober ini dan Kejuaraan Dunia di Abu Dhabi pada Desember mendatang.

News Feed