English English Indonesian Indonesian
oleh

Kazakhstan Rebut 11 Emas di Kejuaraan Pencak Silat Asia 2024, Ternyata Pelatihnya dari Indonesia

Hal serupa disampaikan oleh pelatih silat dari Persilat, Dr. M. Riski Adi Wijaya. “Kazakhstan mempunyai potensi yang sangat bagus sekali untuk berprestasi di olahraga Pencak Silat. Apalagi jika diberi dukungan maksimal oleh pemerintah setempat, karena Asosiasi Pencak Silat Kazakhstan sudah didukung penuh oleh KBRI Astana” tutur Dr. Riski yang saat ini berada di Kazakhstan untuk mendampingi dan melatih para pesilat di negara terbesar dan terkaya di Asia Tengah tersebut.

Dubes Fadjroel Rachman menjalankan Pencak Silat Diplomasi di Kazakhstan karena “DNA” orang Kazakhstan menyukai olahraga bela diri. Adapun Indonesia, memiliki ilmu bela diri yang sudah dikenal oleh dunia, termasuk diakui sebagai warisan budaya takbenda oleh UNESCO sejak tahun 2019. Pada tanggal 28 November 2022, KBRI Astana telah meresmikan Pencak Silat Corner pertama di Perwakilan RI di Rumah Budaya Indonesia di Astana Kazakhstan agar memudahkan para pesilat di Kazakhstan, kawasan Asia Tengah dan Eurasia mendapatkan referensi terkait Pencak Silat.

Presiden Asosiasi Pencak Silat Republik Kazakhstan, Mr. Gadzhi Gadzhiyev menyampaikan terimakasih atas dukungan penuh KBRI Astana dan Dubes Fadjroel Rachman untuk memajukan Pencak SIlat di Kazakhstan.

“Kemajuan tim Pencak Silat Kazakhstan ini bukanlah suatu kebetulan. Dengan bantuan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Republik Kazakhstan, serta dengan dukungan pribadi Duta Besar Fadjroel Rachman, negosiasi dilakukan dengan Federasi Pencak Silat Internasional (Persilat) untuk mengundang para ahli di bidang ini ke Kazakhstan. Para pelatih tiba di Kejuaraan Nasional Republik Kazakhstan di Karaganda pada September kemarin. Para pelatih memantau kemampuan tim nasional Kazakhstan dan mulai berpartisipasi aktif dalam persiapan Kejuaraan Asia. Para ahli dari negara lain mencatat kemajuan teknis yang luar biasa dalam persiapan tim nasional Kazakhstan. Untuk lebih meningkatkan hasil, para pelatih dari Indonesia akan membuat evaluasi dan melakukan persiapan lebih lanjut untuk Kejuaraan Dunia Pencak Silat yang akan diadakan pada tanggal 18 sampai 24 Desember di Abu Dhabi (UEA),” ucap Mr Gadzhi.

News Feed