English English Indonesian Indonesian
oleh

Program Kerja KKP Unismuh di Bungaejaya: Jumat Bersih hingga Penginputan Data Induk Desa

FAJAR, MAKASSAR-Mahasiswa Kuliah Kerja Pengabdian (KKP) Universitas Muhammadiyah Makassar (Unismuh) angkatan ke-29 menggelar seminar program kerja di Desa Bungaejaya, Kecamatan Pallangga, Kabupaten Gowa, Rabu, 16 Oktober 2024. Acara ini dihadiri oleh para aparat desa, Pembina TK TPA Tahfiz, serta tokoh masyarakat setempat.

Seminar ini bertujuan untuk menyosialisasikan kepada masyarakat mengenai berbagai program kerja yang akan dilaksanakan selama masa pengabdian mahasiswa selama kurang lebih dua bulan.

Beberapa program yang dipresentasikan antara lain sosialisasi partisipasi masyarakat dalam Pilkada serentak tahun 2024, kegiatan Jumat Bersih, pembinaan TK TPA/Tahfiz dalam bentuk pendampingan dan pengajaran mengaji, pembenahan struktur kantor desa, serta penginputan data induk Desa Bungaejaya tahun 2024.

Acara dimulai dengan sambutan dari perwakilan Desa Bungaejaya, Basir, yang dilanjutkan sambutan dari M. Erwin selaku Bhabinkamtibmas. Selain itu, Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Kepala Dusun, Imam Dusun, perwakilan koordinator kecamatan, pembina TK TPA, Ketua Karang Taruna, dan beberapa tokoh masyarakat lainnya juga turut memberikan masukan.

Dalam sesi diskusi, M. Erwin menekankan pentingnya menjaga kekompakan dalam menjalankan setiap program kerja. “Saya berharap kalian dapat menjaga kekompakan dalam menjalankan program kerja, jangan sampai hanya satu orang yang bekerja sehingga tidak terjalin kekompakan di antara kalian,” tegasnya.

Seminar ini diakhiri dengan sesi tanya jawab yang interaktif, di mana para peserta memberikan berbagai usulan dan saran, serta pertanyaan dari tokoh masyarakat dan Ketua Karang Taruna. Mereka berharap program-program yang dilaksanakan mahasiswa KKP dapat memberikan manfaat jangka panjang bagi Desa Bungaejaya dan menjadi kenangan indah sebagai karya mahasiswa. (*/)

News Feed