English English Indonesian Indonesian
oleh

Dukung Program Nasional, Polres Pelabuhan Makassar Fokus Tangani Masalah Kesehatan Tuberkulosis

FAJAR, MAKASSAR — Dalam upaya mendukung program kesehatan nasional, Kapolres Pelabuhan Makassar AKBP Restu Wijayanto menegaskan komitmennya untuk fokus pada penanganan masalah kesehatan, khususnya Tuberkulosis (TB). Langkah ini diambil untuk mendukung pemerintah dalam mencapai target pengendalian TB dan meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat.

Kapolres AKBP Restu Wijayanto menyatakan bahwa peran kepolisian tidak hanya sebatas menjaga keamanan dan ketertiban, tetapi juga berkontribusi aktif dalam isu-isu sosial yang berdampak pada kesejahteraan masyarakat. “Kesehatan adalah prioritas bersama, dan Tuberkulosis masih menjadi tantangan di wilayah kita. Kami ingin membantu pemerintah dan masyarakat dalam menekan angka penyebaran penyakit ini,” ujarnya, Kamis, 17 Oktober 2024.

Kapolres menjelaskan bahwa pihaknya akan bekerja sama dengan Dinas Kesehatan setempat dan berbagai pihak terkait untuk mengedukasi masyarakat tentang pencegahan dan penanganan TB. Selain itu, program pemeriksaan kesehatan bagi masyarakat yang rentan juga akan menjadi fokus, termasuk penyuluhan tentang pentingnya pengobatan TB secara tuntas.

“Kami akan melibatkan Bhabinkamtibmas untuk mendampingi petugas kesehatan dalam melakukan sosialisasi dan pemeriksaan ke lapangan. Hal ini penting agar masyarakat bisa lebih memahami bahaya TB dan cara-cara pencegahannya,” tambahnya.

Langkah ini sejalan dengan program nasional pemerintah dalam menurunkan angka kasus Tuberkulosis di Indonesia. Diketahui, Indonesia masih termasuk dalam negara dengan jumlah kasus TB tertinggi di dunia, sehingga sinergi dari berbagai pihak, termasuk kepolisian, sangat diperlukan untuk mempercepat penanganannya.

News Feed