English English Indonesian Indonesian
oleh

Lolos Uji Kelayakan di DPR, Muhammad Herindra jadi Kepala BIN Gantikan Budi Gunawan

FAJAR, JAKARTA–Muhammad Herindra dinyatakan lolos Uji Kelayakan dan Kepatutan (fit and proper test) sebagai calon tunggal Kepala Badan Intelijen Negara (BIN).

Uji Kelayakan dan Kepatutan tersebut dilakukan DPR RI setelah sebelumnya diajukan oleh Presiden Jokowi untuk menggantikan Budi Gunawan.

“Hasil dari tim pertimbangan tersebut menyatakan Bapak Muhammad Herindra sebagai satu-satunya calon Kepala BIN dinyatakan kami terima untuk bisa dilantik pada waktunya oleh Presiden,” kata Ketua DPR RI Puan Maharani di Gedung DPR, Jakarta Pusat, Rabu (16/10/2024).

Sebelum dilantik Presiden terpilih nantinya, Politisi Fraksi PDI-Perjuangan itu mengatakan Herindra akan disahkan sebagai calon tunggal kepala BIN yang lolos fit and proper test dalam Rapat Paripurna DPR pada Kamis (17/10/2024).

“Insya Allah paripurna untuk menyatakan terkait dengan kesiapan bahwa calon kepala BIN yang akan datang ini kita akan lakukan paripurnanya besok hari Kamis,” bebernya.

Puan Maharani juga mengungkap pesan dari dewan kepada Herindra. Menurut Puan, salah satu hal yang dimintakan oleh DPR kepada calon Kepala BIN adalah agar tetap menjaga stabilitas negara kesatuan Republik Indonesia. Kemudian bagaimana tetap menjaga NKRI ini bisa berjalan sebagaimana suatu negara yang utuh.

DPR juga memiliki beberapa pesan lain untuk Herindra yang kini masih menjabat sebagai Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan). DPR berharap agar Herindra nantinya dapat membawa BIN bekerja dengan profesional sesuai dengan tugas dan kewenangan lembaga intelijien negara itu.

News Feed