English English Indonesian Indonesian
oleh

Dosen FIKOM UMI Gelar Pelatihan Literasi Digital di Malaysia

FAJAR, MAKASSAR — Dalam upaya memperkuat literasi digital dikalangan pelajar, Fakultas Ilmu Komputer Universitas Muslim Indonesia (FIKOM-UMI) Makassar, menggelar kegiatan literasi digital di kalangan pelajar yang berskala Internasional.

Program Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Internasional yang berfokus pada pengembangan keterampilan digital di Sekolah Kebangsaan (SK) Syeikh Mohd Idris Al-Marbawi, Perak, telah dilaksanakan di Malaysia.

Dengan mengangkat tema ‘Peningkatan Literasi Digital di Kalangan Siswa Internasional Melalui Pelatihan Microsoft Office’ dengan fokus utama pada penguasaan perangkat lunak Microsoft Office sebagai alat bantu belajar di era digital saat ini.

Dosen FIKOM UMI, Lukman Syafie menjelaskan, pelatihan ini tidak hanya berfokus pada transfer pengetahuan teknis semata, tetapi lebih jauh menekankan pentingnya literasi digital sebagai komponen esensial dalam pendidikan abad ke-21. Microsoft Office sebagai salah satu perangkat lunak produktivitas yang paling umum digunakan secara global, dipilih sebagai alat pengajaran utama.

“Metode pelatihan yang diterapkan adalah hands-on learning atau pembelajaran berbasis praktik langsung, di mana setiap siswa diberikan kesempatan untuk menerapkan langsung teori yang diajarkan. Dengan pengawasan dan bimbingan langsung dari tim dosen, siswa dapat secara efektif mempraktikkan penggunaan aplikasi Microsoft Office dalam konteks kehidupan sehari-hari dan pendidikan,” kata Lukman Syafie, dalam rilisnya Selasa 15 Oktober.

Ia menambahkan, kegiatan ini mendapat apresiasi dan disambut antusias yang tinggi oleh para siswa. Dengan lingkungan pembelajaran yang mendukung, para siswa aktif berpartisipasi, bertanya, dan mencoba setiap fitur aplikasi yang diperkenalkan.

News Feed