English English Indonesian Indonesian
oleh

Melawan Kanker, Taruna Ikrar Resmikan Fasilitas Produksi Radioisotop Site Jakarta

JAKARTA, FAJAR — Penyakit Kanker penyebab kematian kedua tertinggi di dunia. Sekitar 70% kematian tersebut terjadi di negara berpenghasilan rendah dan menengah, termasuk Indonesia ujar Taruna Ikrar Kepala Badan POM RI saat meresmikan Fasilitas Produksi Radioisotop Site Jakarta bersama Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin Kalbe Farma selasa 15 oktober 2024.

Lanjut taruna World Health Organization (WHO) melalui The International Agency for Research on Cancer (IARC) merilis data beban penyakit kanker di Indonesia pada tahun 2022 mencapai 408.661 kasus baru dengan angka mortalitas 242.988. Angka ini diprediksi terus meningkat jika tidak ada langkah-langkah penanggulangan yang efektif.

Perkembangan ilmu dan teknologi kedokteran nuklir telah memberikan harapan baru bagi penderita kanker. Terapi radiofarmaka menjadi pendekatan terapeutik baru yang inovatif dalam mengobati penyakit kanker. Radiofarmaka digunakan dengan berbagai tujuan, termasuk diagnostik, pemeriksaan fungsi organ, serta aplikasi terapeutik dan paliatif untuk meningkatkan kualitas hidup pasien ujar taruna yang juga ketua konsil kedokteran dunia ini.

Lanjut Kebutuhan radiofarmaka terus meningkat seiring dengan bertambahnya jumlah pasien kanker. Namun, tantangan saat ini kapasitas produksi radiofarmaka belum memadai untuk memenuhi kebutuhan nasional. Hal ini mengakibatkan waktu tunggu yang lama bagi pasien untuk mendapatkan diagnosis dan pengobatan kanker. Selain itu, sebagian besar produk radiofarmaka yang digunakan masih merupakan produk impor

News Feed