English English Indonesian Indonesian
oleh

Hitung-hitungan Detail Ranking Timnas Usai Lawan Tiongkok

TIONGKOK, FAJAR–Upaya Timnas Indonesia mendongkrak peringkat dalam ranking FIFA akan berlanjut saat melawan Tiongkok, Selasa, 15 Oktober, hari ini. Garuda, julukan Timnas Indonesia, berpotensi menggusur India dan masuk 120 besar andai berhasil meraih kemenangan.

Kenaikan peringkat sebenarnya sudah didapat oleh Timnas Indonesia dalam ranking FIFA sementara. Saat ini, Garuda menempati posisi ke-127 dengan peroleh 1.128,56 poin. Mereka naik dua tingkat dari urutan sebelumnya.

Peningkatan itu didapat Timnas Indonesia setelah dua faktor. Pertama, karena memperoleh tambahan 4,39 poin hasik bermain imbang 2-2 dengan Bahrain dalam matchday ketiga Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Faktor kedua adalah Nigeria dan Republik Afrika Tengah. Kedua negara yang sebelumnya ada di urutan ke-127 dan ke-128 itu harus rela turun peringkat karena menelan kekalahan dalam Kualifikasi Piala Afrika 2025.

Laga Timnas Indonesia vs Tiongkok dalam matchday empat Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Qingdao Youth Football Stadium, akan jadi penentu selanjutnya.

Menang, imbang, ataupun kalah bisa mengubah posisi Garuda sekarang. Berdasarkan simulasi Football Ranking, jika Timnas Indonesia mampu menang atas Tiongkok, maka tambahan 15,31 poin dipastikan jadi milik Garuda. Sementara tuan rumah bakal kehilangan nilai yang sama.

Nah, tambahan 15,31 angka itu akan sangat mendongkrak posisi Timnas Indonesia dalam ranking FIFA. Garuda nantinya akan memiliki rotal 1.143,87 angka dan secara hitung-hitungan, mereka bisa naik tiga tingkat.

News Feed