English English Indonesian Indonesian
oleh

BSI & Muhammadiyah Berkolaborasi Membangun Umat Melalui Masjid Padepokan KH Ahmad Dahlan

KH Ahmad Dahlan juga memiliki surau dan padepokan yang terletak di Yogyakarta. Surau tersebut terletak di tengah-tengah Kampung Kauman yaitu berada tepat di samping rumah KH Ahmad Dahlan, sedangkan padepokan yang akan direnovasi terletak di Kampung Pingit.

Pembangunan Masjid Padepokan KH Ahmad Dahlan Yogyakarta

Harry meyakini bahwa kehadiran Masjid Padepokan KH Ahmad Dahlan ini nantinya akan membawa banyak kemaslahatan bagi masyarakat di sekitarnya. Pembangunan Masjid Ahmad Dahlan berdiri di atas lahan KHA Dahlan seluas 358 meter persegi, yang nantinya akan dipergunakan untuk sarana ibadah dengan kapasitas dan bangunan yang layak. Komplek masjid ini juga ditargetkan agar memadai untuk menjadi tempat pembelajaran dan pengkajian agama Islam, syiar dakwah, serta muamalah bagi masyarakat umum Yogyakarta, serta menjadi pusat informasi dan kajian sejarah mengenai KHA Dahlan. Masjid yang berlokasi di Padepokan KHA Dahlan juga diniatkan sebagai lembaga yang universal dan inklusif sebagaimana nilai yang dikembangkan BSI.

“Kiai Haji Ahmad Dahlan merupakan seorang ulama besar bergelar Pahlawan Nasional Indonesia dan pendiri Muhammadiyah. BSI yakin nantinya Masjid Ahmad Dahlan ini akan memberikan kebermanfaatan bagi masyarakat Yogyakarta dan para jamaah yang beribadah di masjid tersebut,” kata Harry.

Bangunan masjid ini akan dilengkapi ruang utama ibadah, ruang wudu, ruang marbot, dan toilet. Masjid ini akan menampung kurang lebih 300 jemaah dalam melakukan ibadah salat lima waktu, salat jumat, dan kegiatan pembinaan keislaman dan kepemudaan.

News Feed