English English Indonesian Indonesian
oleh

Tokoh Literasi Sulsel Ungkap Keberhasilan Chaidir Syam di sektor Pembangunan SDM

MAROS, FAJAR – Tokoh Literasi penerima penghargaan tertinggi Nugra Jasadharma Pustaloka Perpustakaan Nasional RI, Bachtiar Adnan Kusuma membeberkan sejumlah keberhasilan pemerintahan Chaidir Syam selaku Bupati Maros di bidang pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) khususnya literasi.

Ketua harian DPD Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Provinsi Sulsel itu mengungkapkan, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di masa kepemimpinan Chaidir Syam terus mengalami kenaikan di setiap tahunnya. Mulai dari tahun 2021 di angka 72,32 persen, lalu di tahun 2022 72,93 persen dan di tahun 2023 mencapai 73,56 persen.

“Jika dibandingkan era pemerintahan sebelumnya, IPM Maros pada tahun 2016 hanya diangka 67,76 persen dan pada 2019 di angka 69,57 persen. Artinya tingkat pertumbuhan Indeks Pembangunan Manusia jauh maju di masa Bupati A.S.Chaidir Syam dari Hatta Rahman,” kata Bachtiar, Senin (14/10/2024).

Sementara di bidang literasi, kata dia, Indeks Pembangunan Literasi Manusia di era Hatta Rahman hanya di angka 29,90 persen sementara IPLM di masa kepemimpinan Chaidir Syam pada tahun 2023 melonjak di angka 83,57 persen dari dari tahun 2022 di angka 71,80 persen.

“Karena kepedulian beliau di bidang ini, pak Chaidir satu-satunya kepala Daerah dari Sulsel yang berhasil mendapatkan penghargaan tertinggi Nugra Jasadharma Pustaloka Perpustakaan Nasional RI kategori pejabat publik di tahun 2022,” ungkapnya.

Menurut Bachtiar, dua indikator keberhasilan Chaidir Syam dalam pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) itulah yang membuat sosoknya layak kembali memimpin Maros untuk periode keduanya. Ia pun mengaku heran jika, masih ada pihak yang mempertanyakan kinerja Chaidir Syam.

News Feed