English English Indonesian Indonesian
oleh

Diseminasi Hasil AKMI 2024, Komitmen Kemenag Hadirkan Pendidikan Islam Berdaya Saing Tinggi Songsong Indonesia Emas 2045

FAJAR, JAKARTA- -Kementerian Agama melalui Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Ditjen Pendidikan Islam terus berupaya mengoptimalkan kualitas dan mutu pendidikan di lingkungan madrasah di semua tingkatan.

Upaya optimalisasi tersebut salah satunya adalah dengan mengadakan Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) yang kemudian dilanjutkan dengan diseminasi (penyebarluasan) hasil AKMI 2024.

Direktur KSKK Madrasah M. Sidik Sisdiyanto mewakili Dirjen Pendidikan Islam di acara pembukaan Seminar Nasional Diseminasi Hasil AKMI 2024 di Hotel Red Top Jakarta, Senin, 14 Oktober 2024 menyampaikan bahwa peserta didik madrasah harus memiliki wawasan dan literasi tinggi untuk menyongsong Indonesia Emas 2045.

“AKMI merupakan wujud komitmen Kementerian Agama dalam menghadirkan pendidikan Islam yang mampu bersaing di tingkat nasional maupun internasional. Melalui AKMI, Kementerian Agama berusaha memastikan bahwa peserta didik madrasah memiliki kompetensi yang mampu berkontribusi pada pencapaian Indonesia Emas 2045” ucapnya.

Sidik menyebutkan, hingga tahun ini, AKMI telah dilaksanakan sebanyak 4 kali dan menyentuh lebih dari 30 ribu madrasah. Sebanyak 1.500 ribu siswa madrasah telah mengikuti AKMI dan memiliki rapor diagnosis individu yang dapat dijadikan dasar pemberian pembelajaran terdiferensiasi sebagaimana dituntut dalam dunia pendidikan masa depan.

Saat ini juga tengah berlangsung pelatihan yang diikuti oleh lebih dari 25 ribu guru dari madrasah peserta AKMI 2024. Mereka dilatih dan dibimbing baik secara daring maupun tatap muka dalam kunjungan langsung ke madrasah oleh 3.222 instruktur tindak lanjut AKMI, ungkapnya.

News Feed