English English Indonesian Indonesian
oleh

Diseminasi Hasil AKMI 2024, Komitmen Kemenag Hadirkan Pendidikan Islam Berdaya Saing Tinggi Songsong Indonesia Emas 2045

“Pengukuran AKMI 2024 telah ada hasilnya, mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya. Hal ini menjadi gambaran yang lebih jelas mengenai bagaimana arah hasil pembelajaran yang telah kita laksanakan di madrasah. Data ini memberikan kita petunjuk yang konkret tentang aspek mana yang perlu diperbaiki dan dikembangkan,” tambah Sidik.

Hasil Diseminasi AKMI 2024 ini diharapkan dapat ditindaklanjuti dalam tindakan nyata oleh semua pihak yang memiliki potensi memberikan kontribusi pada perbaikan pendidikan madrasah. Menjadikan madrasah mendunia yang yang memiliki daya saing global, baik dalam kualitas lulusan, metode pembelajaran, maupun kolaborasi internasional, tandasnya.

Dalam laporannya Koordinator Komponen 2 Abdul Basit menyampaikan bahwa Hasil AKMI yang telah diperoleh tidak akan memiliki dampak besar jika tidak disebarluaskan dan dipahami dengan baik oleh semua pihak yang berkepentingan. Salah satu ikhtiar untuk menyebarluaskan hasil AKMI 2024 adalah penyelenggaraan Seminar Nasional Diseminasi Hasil AKMI 2024 ini, ujarnya.

“Pada seminar tahun ini, diberikan kesempatan kepada peserta umum untuk ikut menyajikan pengalaman dan praktik baik yang telah mereka lakukan sebagai tindak lanjut AKMI di unit kerja masing-masing baik sebagai dosen, pengawas, kepala madrasah, maupun guru madrasah,” ungkap Basit.

Seminar ini mengusung tema “Data-Driven Education: Pemanfaatan Hasil AKMI 2024 untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Menuju Madrasah Maju, Bermutu, dan Mendunia”, menghadirkan narasumber dari para pakar pendidikan dan pakar asesmen yang selama ini mendampingi penyelenggaraan AKMI dan juga pemangku kebijakan di Kementerian Agama dari pusat hingga madrasah.

News Feed