English English Indonesian Indonesian
oleh

Peringati Hari Jadi Sulsel Ke-355 Dan Hari Jantung Sedunia, Pemkab Luwu Gelar Jalan Sehat serta Senam Jantung Sehat

“Cath Lab atau disebut juga kateterisasi jantung merupakan tindakan atau prosedur medis. Catheterization Laboratory nantinya akan dilengkapi dengan banyak peralatan canggih dan modern untuk membantu dokter lebih mudah melakukan diagnostik terhadap pembuluh darah jantung maupun pembuluh darah lain dan selain sebagai alat diagnostik juga sebagai fasilitas terapi bagi pasien yang bermasalah dengan pembuluh darah jantungnya seperti pemasangan ring pada jantung, penutupan bocor pada jantung, pemasangan ring pada pembuluh darah lain”, jelas dr. Daud Mustakim.

Dr. Ayu Asri Devi Adityawati Sp.JP, FIHA, Alumni Universitas Brawijaya
Jurusan Pendidikan Spesialis Ilmu Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah selaku Ketua Pelaksana membawakan materi sosialisasi aplikasi Detak Jantung.

Dirinya menjelaskan bahwa berdasarkan data dari Centre of Disease Control and Prevention (CDC), insiden penyakit jantung tercatat pada satu dari setiap 20 orang dewasa berusia di atas 20 tahun. Menelaah lebih dalam terkait penyakit jantung koroner (PJK) maka akan mendapatkan data prevalensi PJK di dunia telah meningkat dari 7% pada tahun 1980, menjadi 9,7% pada tahun 1990, dan 10,5% pada tahun 2000.

“Data dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada tahun 2019 menyebutkan bahwa penyakit jantung koroner merupakan penyebab utama kematian di dunia. Sekitar 17,9 juta orang meninggal akibat PJK pada tahun 2019. Angka ini merepresentasikan 32% dari seluruh kematian di dunia”, jelas dr. Ayu

Statistik Kabupaten Luwu tahun 2023 menunjukkan angka kesakitan sebesar 17.75%. Gaya hidup masyarakat yang gemar mengkonsumsi makanan bersantan dan daging seperti coto dan konro serta rendahnya pengetahuan masyarakat tentang pola hidup sehat menjadi cikal bakal penyakit jantung dan pembuluh darah.

News Feed