English English Indonesian Indonesian
oleh

Asta Cita Presiden Terpilih

Andi Iqbal Burhanuddin
Guru Besar Ilmu Kelautan Unhas

Kondisi keunggulan dan kualitas sumber daya manusia Indonesia yang masih tertinggal dari negara negara maju di tengah sumber daya alam melimpah. Ini menjadi kekhawatiran dan banyak pihak pesimis terhadap Visi Indonesia Emas di tahun 2045 yakni menjadi Negara Nusantara yang berdaulat, Maju dan Berkelanjutan tercapai.

Di pundak presiden dan wakil presiden, Prabowo dan Gibran inilah harapan kita akan masa depan diletakkan. Hal ini guna mewujudkan mimpi Indonesia masuk dalam jajaran negara maju pada tahun 2045. Menyambut usia emas tersebut, seluruh elemen bangsa, memiliki tanggung jawab dalam mempersiapkan bangsa Indonesia menjadi lebih kuat dan maju ke depannya. Oleh karenanya, mesti berat dan kompleks tantangannya diperlukan suatu tekad dan kebijakan tepat dalam upaya peningkatan SDM, khususnya melalui perbaikan kualitas pendidikan Indonesia.

Ada delapan janji misi duet Prabowo Subianto dan Gibran dalam mengusung visinya yakni ‘Bersama Indonesia Maju Menuju Indonesia Emas 2045’ yang disebut Asta Cita. Misi tersebut, pertama adalah memperkokoh ideologi Pancasila, demokrasi, dan hak asasi manusia (HAM); Kedua, Memantapkan sistem pertahanan keamanan negara dan mendorong kemandirian bangsa melalui swasembada pangan, energi, air, ekonomi kreatif, ekonomi hijau, dan ekonomi biru;
Ketiga Meningkatkan lapangan kerja yang berkualitas, mendorong kewirausahaan, mengembangkan industri kreatif, dan melanjutkan pengembangan infrastruktur; Keempat, Memperkuat pembangunan sumber daya manusia (SDM), sains, teknologi, pendidikan, kesehatan, prestasi olahraga, kesetaraan gender, serta penguatan peran perempuan, pemuda, dan penyandang disabilitas; Kelima, Melanjutkan hilirisasi dan industrialisasi untuk meningkatkan nilai tambah di dalam negeri; Keenam, Membangun dari desa dan dari bawah untuk pemerataan ekonomi dan pemberantasan kemiskinan; Ketujuh, Memperkuat reformasi politik, hukum, dan birokrasi, serta memperkuat pencegahan dan pemberantasan korupsi dan narkoba; dan Kedelapan, Memperkuat penyelarasan kehidupan yang harmonis dengan lingkungan, alam, dan budaya, serta peningkatan toleransi antarumat beragama untuk mencapai masyarakat yang adil dan makmur.

News Feed