English English Indonesian Indonesian
oleh

Nasi Jagung Instan Loyangku, Wariskan Budaya Konsumsi Nasi Jagung

FAJAR, TANGERANG — Produk Nasi Jagung Instan Loyangku asal Banjarnegara, Jawa Tengah, berhasil meraih penghargaan UKM Pangan Award 2024. Usaha yang berada di bawah naungan Gubug Eva, yang digeluti oleh Supriyanti, memenangkan kategori khusus (produk inovatif) berkat keahliannya dalam mengolah nasi jagung menjadi nasi instan yang bergizi dan praktis.

Keberhasilan ini tidak lepas dari dedikasi Supriyanti dalam mengembangkan produk yang lezat dan bergizi. Ia mengaku bahwa situasi pandemi Covid-19 mendorongnya untuk berinovasi, menghasilkan produk yang unik dan menarik demi mempertahankan keberlangsungan bisnis.

“Selama pandemi, penjualan kami mengalami penurunan drastis, terutama untuk produk kue dan keripik. Hal ini memotivasi kami untuk menciptakan Nasi Jagung Instan Loyangku yang praktis dan sehat. Selain untuk mempertahankan bisnis, kami juga ingin mewariskan budaya konsumsi nasi jagung kepada generasi muda,” ujar Supriyanti usai menerima penghargaan.

Supriyanti menerima penghargaan tersebut di Pameran Pangan Nusa yang diadakan dalam rangka Trade Expo Indonesia (TEI) ke-39, pada Kamis, 10 Oktober 2024, di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Bumi Serpong Damai (BSD), Kabupaten Tangerang, Banten. Loyangku telah beroperasi sejak 2016 dengan produk utama berupa keripik. Melimpahnya hasil pertanian di sekitar, seperti sayur, buah, dan umbi, yang biasanya dijual dalam kondisi segar dengan harga relatif rendah, menjadi dasar bagi Supriyanti untuk memulai bisnis ini. Pada tahun 2022, Supriyanti melakukan inovasi dengan menciptakan nasi jagung instan yang lebih praktis dan dapat dikonsumsi oleh semua kalangan. Inovasi ini menjadikan Loyangku pionir nasi jagung instan pertama di Indonesia.

News Feed