English English Indonesian Indonesian
oleh

Daeng Manye Siap Pacu PAD dengan Hilirisasi Pertanian

HARIAN.FAJAR.CO.ID, TAKALAR – Pasangan calon Bupati dan wakil Bupati nomor urut 1, Mohammad Firdaus Daeng Manye – Hengky Yasin menyapa dan bertatap muka dengan simpatisan di Kelurahan Pallantikang, Kecamatan Pattallassang, Jumat, 11 Oktober 2024.

Hadir dalam kesempatan itu sejumlah tokoh penting, termasuk H. Irwan Daeng Timung dan Ketua DPC Partai PDI Perjuangan Takalar, H. Alamsyah Mile, bersama empat anggota legislatif dari Partai PDI-P serta H. Sarif Daeng Tinri dari Partai Nasdem.

Dalam kampanye dialogis tersebut Daeng Manye mengatakan pentingnya memperhatikan tiga hal yaitu ketersediaan pangan, kemudahan akses pangan, dan manfaat pangan bagi kesehatan bagi masyarakat Takalar.

“40 sampai 50 persen masyarakat di Takalar adalah mayoritas petani. Mereka adalah petani padi, petani jagung, cabe, kacang, dan lain-lain,” paparnya.

Oleh Karna itu, dalam orasinya, Daeng Manye menekankan perlunya perhatian besar di sektor pertanian serta perlu didorong dan dikembangkan sehingga hasil dari pertanian bakal lebih maju dan berkualitas.

“Pendapatan daerah ini masih ditentukan dari berapa jumlah ton gabah, berapa jumlah cabai, berapa ton jagung, dan berapa kacang. Artinya, jika ini kita tingkatkan, maka akan meningkatkan PAD,” kata daeng Manye saat berorasi di depan pendukung.

Terkhusus untuk cabai, Ia pun banyak menerima keluhan dari warga terutama masalah harga yang relatif turun bahkan anjlok, untuk itu semestinya pemerintah kedepan perlunya dilakukan profiling.

“Kalau itu menyangkut regulasi, kita akan atur tata niaganya. Kalau itu karna over suplai yang membuat harga murah, itu juga  kita atur agar bagaimana petani tetap untung dengan harga tetap stabil,” katanya lagi.

News Feed